Ini Waktu Minimal Membersihkan Belt Skuer Matik

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 21 Februari 2020 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 21 53 2172229 ini-waktu-minimal-membersihkan-belt-skuer-matik-uglN8W6Ag6.jpg Belt sepeda motor matik (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Aliran tenaga putaran mesin menuju poros roda pada sepeda motor atau skuter matik (skutik), disalurkan melalui komponen berupa belt. Perangkat ini serupa tugasnya dengan komponen rantai pada sepeda motor non-matik, namun letaknya tersembunyi di balik penutup perangkat CVT motor matik.

Penggunaan belt ini membuat kinerja perputaran mesin dan roda terdengar lebih hening, berbeda dengan rantai yang mengeluarkan suara berisik pertanda kondisinya mengendur. Namun, hal tersebut juga jadi kekurangan komponen belt pada skutik.

Masalah pada komponen belt sendiri baru dapat diperiksa secara menyeluruh dengan membongkar penutup CVT. Bahkan jika ada tanda sudah longgar atau gejala akan putus, maka harus segera diganti dengan komponen baru. Menurut kepala mekanik sebuah bengkel motor di Jakarta Selatan, Supardi, ada periode minimal membersihkan dan merawat belt.

Langkah membersihkan tersebut bisa digunakan sekaligus untuk mengecek kemungkinan masalah pada komponen belt motor matic. "Minimal dua bulan sekali belt motor matic harus dibersihkan," ujar Supardi kepada Okezone. Pembersihan juga bisa dilakukan segera jika ada tanda menurunnya kenyamanan berkendara.

Supardi juga menyebut umur pemakaian komponen belt sepeda motor matik bisa mencapai sekitar 20 ribu kilometer. Umur pemakaian tersebut dipengaruhi oleh intensitas berkendara pemilik motor, begitu juga dengan adanya beban yang diangkut oleh kendaraan tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini