Share

Perakitan Mobil Vakum, Produsen China Genjot Produksi Masker

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 22 Februari 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 22 52 2172485 perakitan-mobil-vakum-produsen-china-genjot-produksi-masker-pJ29bXeabH.jpg (Foto: SAIC-GM-Wuling/Autonews)

SHANGHAI - Produsen otomotif di China memanfaatkan kekosongan kegiatan perakitan kendaraan untuk membantu penanggulangan wabah COVID-19. Contohnya dilakukan oleh perusahaan gabungan SAIC-GM-Wuling yang mampu membangun mesin produksi masker N95 dalam fasilitas pabriknya.

Mesin pertama pembuat masker dari perusahaan itu mulai berfungsi dalam lini produksi pada pekan ini. Melalui pabrik yang terletak di kota Lizhou, China itu SAIC-GM-Wuling berharap bisa menyumbang lebih banyak masker untuk masyarakat.

Teknisi perusahaan tersebut merancang sendiri mesin perakitan masker yang digunakan oleh pabrik di Lizhou saat ini. Sebanyak 15 unit mesin berteknologi canggih ditargetkan akan dipasang oleh SAIC-GM-Wuling dalam pabrik tersebut sampai akhir bulan ini.

China mengalami keterbatasan stok masker bertipe N95 selepas merebaknya wabah COVID-19 di negara tersebut. Jenis masker tersebut disebut mampu mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 karena mampu menangkal partikel berukuran lebih dari 0.3 micron.

Langkah pengalihan produksi dari mobil menjadi alat kesehatan sebelumnya sudah dilakukan oleh produsen lain di China, seperti GAC dan BYD. Namun, kedua produsen ini menggunakan peralatan yang berasal dari pihak lain.

Sedangkan produsen lain seperti Geely merancang perangkat penyaring udara setara masker N95 di mobil buatan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini