Maret 2020, Honda Tutup Pabrik Mobil di Manila

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 23 Februari 2020 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 23 52 2172819 maret-2020-honda-tutup-pabrik-mobil-di-manila-u2i8RMlO8N.jpg (Foto: Indianautosblog)

MANILA - Fasilitas pabrik perakitan mobil milik produsen Honda Motor di Filipina akan ditutup mulai bulan depan. Konfirmasi tersebut disampaikan oleh unit perusahaan Honda di Filipina pada akhir pekan ini, seperti dilansir dari laman Autoindustriya.

Keputusan untuk menutup segala kegiatan produksi tersebut, dilakukan untuk melakukan optimalisasi operasi Honda di wilayah Asia dan Oceania. Selanjutnya unit yang akan beredar di negara kepulauan tersebut akan didatangkan dari fasilitas produksi Honda di Thailand.

Pabrik perakitan mobil Honda di Filipina terletak dalam wilayah Santa Rosa, Laguna sebelah selatan dari Ibu Kota Manila mulai beroperasi dari awal 1990an. Saat ini, fasilitas tersebut merakit kendaraan penumpang Honda Br-V dan City untuk pasar lokal.

Honda disebut masih akan menjalankan layanan penjualan maupun purnajual di negara tersebut, terlepas dari keputusan penghentian produksi itu. Produsen berlogo huruf H itu menjual 20.338 unit kendaraan sepanjang 2019 di Filipina, atau setara dengan 5,8 persen pangsa pasar setempat.

Langkah pahit ini membuat Honda menjadi produsen terbaru yang harus mengakhiri kegiatan produksi di Filipina. Menutup pabrik di Filipina kali terakhir dilakukan oleh Ford dan Isuzu, menyebut perhitungan biaya produksi serta alasan ekonomi sebagai penyebab utama.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini