Produksi Mobil Tertunda Akibat COVID-19 hingga Maret 2020

Medikantyo, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 52 2173236 produksi-mobil-tertunda-akibat-covid-19-hingga-maret-2020-5Q5Q4kqv5u.jpg Ilustrasi pabrik Nissan di China (Foto: Okezone.com/Istimewa)

SHANGHAI - Pemerintah Provinsi Hubei, China menginstruksikan produsen otomotif untuk tidak memulai kegiatan dalam pabriknya sampai 10 Maret 2020. Arahan ini terkait penanganan wabah COVID-19 yang diduga berpusat dari Wuhan, salah satu kota di provinsi itu.

Honda dan Nissan, dua produsen asal Jepang, mengeluarkan pernyataan akan mengikuti perintah penundaan produksi itu. Honda menyebut akan menunda kegiatan perakitan mobil pada fasilitas produksi yang terletak di Wuhan sehari lebih lama, atau sampai 11 Maret 2020.

Dalam pernyataan terpisah, Nissan mengaku penghentian pabrik miliknya di Xianyang, di tengah provinsi Hubei akan dilakukan pada Senin (24/2/2020). Sementara keputusan serupa dikeluarkan untuk pabrik di Zhengzhou, provinsi Henan yang berdekatan dengan Hubei.

Langkah penundaan kegiatan perakitan mobil yang diperpanjang sampai Maret, diprediksi menambah beban kerugian Nissan akibat wabah virus korona ini. Kedua fasilitas pabrik Nissan itu memproduksi model sedan Nissan Altima dan SUV X-Trail untuk pasar China bekerjasama dengan mitra patungan setempat, Dongfeng Motor.

Instruksi penundaan kegiatan industri otomotif dari Pemerintah Daerah Hubei itu, memunculkan kekhawatiran disrupsi lebih jauh pada rantai distribusi manufaktur global. Pasalnya, selain fasilitas pabrik perakitan mobil milik produsen, Hubei menjadi lokasi pembuatan komponen mobil yang disalurkan menuju berbagai negara.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini