Share

Produsen Ini Ungkap Kendala Mobil Otonom saat Melaju di Jalan Perkotaan

Medikantyo, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 52 2173498 produsen-ini-ungkap-kendala-mobil-otonom-saat-melaju-di-jalan-perkotaan-I9aKpnSw7D.jpg Pengembangan teknologi mobil otonom Volvo (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Volvo menyebut 2022 sebagai tahun perkiraan peluncuran generasi terbaru model XC90. Kendaraan jenis SUV terseut diperkirakan sudah mulai mengusung teknologi otonom, baik dalam bentuk piranti lunak maupun komponen untuk menunjang sistem tersebut.

Produsen asal Swedia itu menyebut teknologi kendaraan otonom dirancang memiliki kemampuan menilai situasi apakah berkendara dengan cara tersebut memungkinkan. Maka, seperti diungkap oleh CEO Volvo, Hakan Samuelsson, yang dilansir dari laman Autocar, teknologi otonom itu tidak tersedia setiap waktu.

Hakan menyebut pengembangan spesifikasi teknologi otonom harus dilakukan secara bertahap, mulai dari kecepatan tertentu sampai kemampuan melaju di beragam permukaan jalan. "Fungsionalitas mobil dengan teknologi otonom harus meningkat tiap tahunnya untuk bisa melaju dengan kecepatan lebih tinggi," ujarnya.

Teknologi otonom, menurut Hakan lagi, akan lebih bisa bekerja secara optimal dalam kondisi jalan bebas hambatan. Dukungan teknologi memberi peluang kepada pemilik kendaraan untuk bisa melepas kendali setir maupun pandangannya, ketimbang karakter lebih ramai di jalanan perkotaan.

Fokus pengembangan teknologi kendaraan otonom perkotaan sendiri umum menjadi dasar pengembangan sejumlah produsen. Sejumlah insiden kecelakaan fatal menumbuhkan anggapan bahwa kendaraan jenis ini belum siap diterapkan dalam waktu dekat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini