Mobil Bersejarah Diktator Italia Ini Masuk Proses Restorasi

Medikantyo, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 52 2173537 mobil-bersejarah-diktator-italia-ini-masuk-proses-restorasi-DXlijao3hz.jpg Mobil Alfa Romeo bekas diktator Benito Mussolini (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Kepingan sejarah berupa mobil mendiang diktator Italia, Benito Mussolini, berada di Amerika Serikat. Bengkel spesialis kendaraan klasik Thornley Kelham, memiliki tugas untuk memugar kendaraan Alfa Romeo 6C 1750 SS kembali seperti masa jaya pada era 1930an.

Berkas dokumen kepemilikan mobil tersebut memuat fakta mobil ini dimiliki Benito Mussolini setelah dirakit pada 1929 silam. Catatan lain menunjukkan pada April 1931, Mussolini mengendarai mobil ini dalam sebuah perjalanan dari Roma menuju kota pesisir Ostia.

Nasib mobil ini mengalami perubahan sejak dimodifikasi oleh Stabilimenti Farina, untuk digunakan dalam ajang balap. Kepemilikan mobil ini berpindah tangan kepada Renato Tiglio pada 1937, yang kemudian memboyong mobil ini menuju Eritrea. Negara koloni Italia saat itu, populer digunakan sebagai arena balap liar dengan rute menanjak.

Mesin yang dipakai oleh model Alfa Romeo 6C 1750 bertipe enam silinder segaris, yang ditawarkan dengan opsi memakai supercharger. Menggunakan sistem transmisi manual empat percepatan sebagai saluran tenaga, mobil ini mampu melaju sampai 153 Kpj.

Alfa Romeo membuat tipe mobil ini sampai 1933, dengan produksi sebanyak 2.635 unit. Thornley Kelham menyebut perbaikan mobil milik Mussolini degan nomor registrasi 0312898 tersebut, diperkirakan membutuhkan ribuan jam terlebih dengan keadaan mobil yang tidak utuh setelah modifikasi dan digeber dalam ajang balap liar.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini