nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Teknologi Transmisi Khusus Supercar Buatan Swedia

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 16:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 25 52 2173907 mengenal-teknologi-transmisi-khusus-supercar-buatan-swedia-jhR4zbB9rg.jpg Koenigsegg Jesko saat ditampilkan dalam sebuah pameran (Foto: Okezone.com/Istimewa)

ANGELHOM - Produsen mobil super asal Swedia, Koenigsegg, disebut akan memajang mobil konsep buatannya dengan capaian kecepatan maksimal 500 Kpj dalam Geneva Motor Show 2020. Kemampuan konsep mobil kencang tersebut, bisa terwujud berbekal dua teknologi transmisi hasil riset Koenigsegg sendiri.

Teknologi transmisi tersebut bernama Koenigsegg Direct Drive (KDD) dan Light Speed Transmission (LST), yang saat ini masih dipakai pada mobil super keluaran produsen asal Swedia itu. Fungsi dari kedua komponen itu secara penting menyesuaikan tenaga dari mesin untuk tersalur secara tepat pada laju mobil.

 Koenigsegg Agera

Sistem transmisi KDD satu percepatan diperkenalkan pada 2015, menggunakan gigi tetap dengan rasio akhir 2,73:1. Kerja dari sistem ini memangkas fungsi transmisi memanfaatkan tenaga baterai sebagai mobil listrik penuh.

Koenigsegg mengembangkan mekanisme slip kopling yang memanfaatkan kinerja hidraulis, untuk memindahkan torsi pada kecepatan menengah atau tinggi dalam akselerasi cepat. Hal ini memungkinkan adanya sensasi perpindahan gigi seperti transmisi konvensional.

Untuk sistem transmisi LST sembilan percepatan dengan prinsip multiclutch memungkinkan perpindahan gigi lebih cepat dibandingkan dual-clutch. Perpindahan secara simultan berlangsung, sehingga mobil menemukan transmisi pas saat mobil berakselerasi.

Pemilihan gigi dalam sistem transmisi LST berjalan dengan cepat, melangkahi sejumlah rasio untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tenaga yang ingin disalurkan. Sistem transmisi LST ini kali pertama diperkenalkan pada hypercar Jesko pada 2019.

 Koenigsegg Jesko

Alasan biaya komponen yang cukup mahal membuat sistem transmisi tersebut, jarang ditemukan terpasang pada unit produksi massal mobil keluaran Koenigsegg. Namun, produsen asal Swedia bisa menjatuhkan pilihan kepada salah satunya untuk mobil konsep yang ditampilkan pada Geneva Motor Show 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini