nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Bahaya Pemotor Paksa Terobos Banjir

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 10:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 25 53 2173686 ini-bahaya-pemotor-paksa-terobos-banjir-N670Bn98Rr.jpg Ilustrasi motor melibas banjir (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Hujan deras selama beberapa jam sejak malam, menimbulkan genangan di sejumlah titik jalanan Ibu Kota pada Selasa (25/2/2020). Pemotor kerap memilih untuk melibas genangan air tersebut, untuk memangkas waktu perjalanan.

Perilaku berkendara seperti ini padahal, memiliki risiko besar kepada mesin sepeda motor. Apalagi ketinggian air sudah berada cukup tinggi, melebihi lubang saluran masuk udara menuju ruang mesin.

Sepeda motor yang dipaksa melintas genangan, rentan mengalami mati mesin mendadak. "Ketika posisi motor masih hidup, air terhisap melalui saringan udara, sehingga masuk ke ruang bakar," ujar Teknisi Senior salah satu ATPM, Endro Sutarno.

Kerusakan lebih parah terjadi, ketika air yang terhisap bisa tercampur ke ruang bakar. Sehingga mengakibatkan piston yang tengah bekerja mengompresi pembakaran akan terganggu oleh air yang masuk ke ruang bakar. Fenomena piston yang mengompresi udara bercampur air ini biasa disebut water hammer.

Akibat dari fenomena tersebut bisa membuat setang piston menjadi bengkok, sehingga diperlukan penggantian komponen. Untuk itu, pengendara tidak disarankan memaksa melintas genangan air dan mencari rute lebih aman.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini