Pengaruh Genangan Air pada Kinerja Busi Sepeda Motor

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 11:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 25 87 2173725 pengaruh-genangan-air-pada-kinerja-busi-sepeda-motor-3Pv6pkDYYQ.jpg Ilustrasi komponen busi sepeda motor (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Munculnya genangan air di sejumlah ruas jalan Ibu Kota, berpengaruh pada mesin motor yang melintasi kawasan tersebut. Komponen mesin sepeda motor seperti busi bahkan berpotensi mengalami penurunan kinerja bahkan mengalami kerusakan karena kontak dengan air.

Kontak air dengan komponen ini dapat mempengaruhi kinerja mesin secara langsung, pada sistem pengapian. "Komponen yang paling rentan biasanya busi, karena terletak di bagian bawah sehingga mudah kena air," ujar teknisi sekaligus pemilik bengkel motor di Jakarta Selatan, Agung Setiawan.

Efek langsung dari genangan air yang membuat busi basah, menyebabkan perangkat pemantik pengapian itu tidak bekerja sempurna. Sehingga motor sulit untuk dinyalakan ataupun saat sudah melaju di jalan raya terasa efek brebet karena pengapian tidak sempurna.

Untuk mengatasi secara sementara, pemotor disarankan untuk berhenti sejenak dan mengeringkan komponen itu dengan lap kering. Setelah tidak lagi terasa lembab perangkat busi bisa kembali digunakan, dengan catatan bagian kepalanya masih terlihat bagus dan tidak pecah.

Apabila dalam beberapa waktu setelahnya perangkat busi tidak bisa memantik pengapian pada motor, pengendara sebaiknya melakukan pemeriksaan lebih lanjut menuju bengkel terdekat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini