Melintasi Genangan Air, Pengendara Motor Matik Wajib Periksa Bagian Ini

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 25 87 2173750 melintasi-genangan-air-pengendara-motor-matik-wajib-periksa-bagian-ini-NhIoJSYMoR.jpg Ilustrasi bagian CVT pada motor matik (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Keputusan melintasi genangan air yang muncul setelah hujan deras di Ibu Kota kerap dilakukan pemotor, agar cepat sampai tujuan. Hal ini dilakukan juga oleh pengendara sepeda motor jenis skuter matik (skutik).

Motor matik biasanya masih dipaksakan melibas genangan dengan tinggi sekitar separuh dari ban motor. Walaupun akibat dari keputusan pemotor ini bisa berimbas pada kondisi serta performa komponen motor tersebut.

Perangkat yang biasanya terdampak langsung karena motor melaju di genangan air adalah sistem CVT. "Biasanya CVT suka kemasukan air, makanya harus dibongkar dan dibersihkan komponen bagian dalamnya," kata teknisi sekaligus pemilik bengkel motor di Jakarta Selatan, Agung Setiawan.

Untuk melindungi kondisi CVT dan kinerja motor skutik tersebut, sebaiknya pembersihan komponen dilakukan dengan segera. Walaupun sistem CVT memiliki mekanisme pembuangan air yang masuk ke dalam ruangnya, pembersihan tetap penting agar tidak timbul gejala kerusakan dalam jangka panjang.

Teknisi di bengkel terdekat biasanya akan membongkar panel penutup CVT serta mengecek pengaruh genangan air. Selain itu terdapat juga pemeriksaan pada perangkat belt sebagai penyalur tenaga putaran mesin untuk menggerakkan roda motor skutik tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini