Pentingnya Membersihkan Mobil Setelah Lintasi Genangan Air

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 14:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 25 87 2173802 pentingnya-membersihkan-mobil-setelah-lintasi-genangan-air-cDOEq78Pux.jpg Ilustrasi cuci kolong mobil (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Pembersihan mobil seusai melintasi genangan air banjir sebaiknya dilakukan segera. Sebab, kotoran yang tertinggal pada sejumlah bagian, termasuk kolong mobil, bisa mempengaruhi kondisi sejumlah komponen sampai menyebabkan korosi.

Kandungan zat asam pada air yang menggenang, bisa berakibat langsung pada fenomena korosi tersebut. Apalagi saat lapisan pelindung antikarat yang sebelumnya melapis komponen pada bagian bawah mobil, mulai tergerus akibat usia pemakaian kendaraan.

Perangkat pertama yang perlu dibersihkan adalah sistem pengereman pada mobil. Pembersihan secara teliti dilakukan setelah mobil menerjang banjir. Terendamnya perangkat rem seperti kanvas dan piringan usai melalui genangan air, mungkin menyisakan kotoran yang menganggu sistem pengereman akibat macetnya kanvas rem.

Bagian dek merupakan sisi penting mobil lain yang perlu dibersihkan karena rentan terkena korosi. Risiko terjadinya korosi terutama kontak dengan zat asam yang terkandung dalam air hujan, semakin rentan terjadi ketika pelapis anti karat berusia lima tahun atau lebih.

Sisa kotoran cukup banyak juga terletak pada bagian suspensi, yang bisa mengganggu kinerja perangkat tersebut saat bercampur dengan air. Selain itu, akumulasi kotoran yang tersisa saat mobil melintas genangan air juga dapat menyebabkan korosi sehingga suspensi tidak bekerja maksimal.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini