nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan Ini untuk Menjaga Rem Motor Berteknologi ABS

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 18:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 25 87 2174005 perhatikan-ini-untuk-menjaga-rem-motor-berteknologi-abs-6YXY6yKwGo.jpg Ilustrasi Sensor ABS pada perangkat rem sepeda motor (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Pemasangan fitur pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) kini sudah dilakukan pada unit sepeda motor. Teknologi tersebut menjaga rem tidak terkunci saat pengemudi melakukan deselerasi secara mendadak pada permukaan jalan licin maupun bergelombang.

Dalam hal pemeliharaan untuk menjaga performa fitur ini tetap berfungsi maksimal, langkahnya sederhana. "Cukup dengan menjaga kebersihan di bagian cakram, modul ABS, dan sensornya. Kalau terlalu banyak debu berpengaruh kepada sensor ABS-nya," ujar teknisi bengkel resmi ATPM di Jakarta Selatan, Effendi, kepada Okezone.

Langkah perawatan dengan pembersihan rutin tersebut bisa dilakukan melalui bengkel resmi. Pemeriksaan kondisi motor berteknologi ABS juga bisa dilakukan sendiri, setelah melintasi permukaan jalan yang sekiranya meninggalkan noda membandel.

Kondisi perangkat rem berteknologi ABS ini dipengaruhi perawatan sistem pengereman menyeluruh, seperti kondisi kampas maupun mengganti minyak rem. Namun durasinya tidak terlalu sering, bergantung kepada gaya berkendara serta pemakaian sepeda motor.

Kerusakan atau malfungsi pada perangkat ABS biasanya mudah dideteksi karena adanya indikator pada panelmeter yang berkedip saat terjadi kerusakan. Biasanya penyebab dari kerusakan fungsi fitur rem ABS ini dikarenakan modifikasi atau pemasangan beban tertentu pada cakram rem seperti gembok untuk alasan keamanan.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini