Volkswagen Berjuang Pecahkan Masalah Perangkat Lunak Mobil Listrik

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 26 52 2174651 volkswagen-berjuang-pecahkan-masalah-perangkat-lunak-mobil-listrik-vQgZAmbJbr.jpg Pengenalan mobil listrik Volkswagen ID3 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BERLIN - Masalah perangkat lunak pada model kendaraan listrik Volkswagen ID3, berpotensi menunda rencana peluncuran yang dijadwalkan pada pertengahan tahun ini. Produsen asal Jerman itu belum menemukan jawaban atas kesalahan yang terjadi selama proses pengujian saat ini.

Sumber terpercaya dalam lingkar teknisi Volkswagen, akar masalah bersumber pada pengembangan perangkat lunak yang dilakukan tanpa rencana matang. Bahkan sejumlah program operasi dalam mobil tersebut memiliki perintah operasi yang bersilangan atau berlawanan satu sama lain.

Notifikasi kesalahan yang muncul dalam uji kendara dengan melibatkan pengemudi mencapai 300 buah selama sehari. Seperti dilansir dari laman AutoNews, sebanyak 10.000 teknisi dikerahkan Volkswagen untuk memperbaiki situasi ini. Namun, proyek darurat tersebut diperkirakan tidak akan selesai tepat waktu.

Upaya mengatasi masalah perangkat lunak ini sampai tuntas, setidaknya akan memakan waktu selama setahun ke depan. Terdapat kemungkinan bahwa 20 ribu unit mobil listrik Volkswagen ID3 dalam tahap produksi perdana belum akan dilengkapi perangkat lunak lengkap sehingga membutuhkan perbaikan dengan biaya tambahan.

Volkswagen memproduksi mobil listrik berbasis baterai ID3 ini di pabrik Zwickau, Jerman. Mobil ini menjadi yang pertama meluncur dari sasaran 70 model kendaraan listrik berbasis baterai, yang dibuat dengan platform produksi MEB buatan Volkswagen.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini