Suzuki India Membuka Diri Kembangkan Motor Listrik

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 26 53 2174588 suzuki-india-membuka-diri-kembangkan-motor-listrik-9jWsgOVc5H.jpg Model skuter Suzuki Burgman (Foto: Okezone.com/Istimewa)

MUMBAI - Suzuki menjadi produsen sepeda motor terkini yang mengungkap niat untuk mengembangkan kendaraan listrik berbasis baterai. Keinginan untuk menjajal jalur pengembangan elektrifikasi ini, disampaikan Managing Director Suzuki Motorcycle India, Koichiro Hirao.

Rencana ini didorong oleh tuntutan emisi gas buang kendaraan bermotor yang semakin ketat, termasuk India yang memberlakukan standar emisi BS6 pada awal tahun ini. Produsen skala besar lain, masih belum secara aktif menghadirkan model kendaraan roda dua berbasis listrik penuh dalam waktu dekat.

Pernyataan mengenai pengembangan kendaraan roda dua berbasis baterai penuh dari Suzuki, belum disertai keputusan terkait model motor secara khusus. Belum diketahui apakah nantinya berbentuk skuter matik (skutik) ataupun kemungkinan model motor lainnya.

Langkah untuk mengembangkan atau memproduksi massal motor listrik berbasis baterai sudah dilakukan produsen lokal di India. Sementara produsen asing baru sebatas mengutarakan rencana, maupun menunggu kesiapan platform produksi dari afiliasi lokal.

Hal tersebut contohnya dilakukan KTM dan Husqvarna yang bermaksud memakai platform produksi motor listrik dari Bajaj Chetak. Produsen lain yang menggantungkan rencana kesiapan produksi motor listriknya pada platform Bajaj adalah Triumph, walau bukan berasal dari basis produk yang sama.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini