Pentingnya Membersihkan Suspensi Motor Selepas Terjang Banjir

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 26 87 2174380 pentingnya-membersihkan-suspensi-motor-selepas-terjang-banjir-a0lClBYFEq.jpg Motor lintasi genangan banjir waji segera dicuci (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Berkendara menggunakan sepeda motor dalam curah hujan intensitas tinggi, termasuk melibas genangan air di sejumlah titik, mempengaruhi kondisi sejumlah komponen. Ada bagian penting di sepeda motor seperti suspensi, yang menunjang kenyamanan berkendara.

Perawatan perlu dilakukan selepas mengendarai motor di tengah cuaca hujan maupun melewati genangan air, termasuk perangkat suspensi motor. Sebab, sisa kotoran dari genangan air yang dilewati motor bisa menyebabkan potensi kerusakan maupun penurunan fungsi dari perangkat peredam getaran itu.

Mencuci motor secara mendetail termasuk bagian shockbreaker pada motor, mencegah masuknya butiran pasir maupun debu kotoran lain masuk ke tabung shockbreaker. "Bila sampai masuk bisa berakibat kebocoran oli dalam tabung tersebut," ujar teknisi spesialis suspensi sepeda motor, Zulfaizal, kepada awak media.

Cara membersihkan bagian shockbreaker ataupun supensi dilakukan dengan menyemprotkan air ke perangkat suspensi berupa shockbreaker, lalu menghilangkan kotoran memakai sikat gigi bekas. Bilas keseluruhan perangkat shockbreaker tersebut dengan air bersih.

Untuk membersihkan perangkat shockbreaker ini, pemilik sepeda motor tidak perlu mencopot perangkat tersebut dari tempatnya. Langkah ini diharapkan mampu menjaga fungsi perangkat suspensi karena kebersihan yang terjaga mengurangi risiko kebocoran hingga karat.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini