Ini Bahayanya Bila Motor Terendam Banjir dalam Waktu Lama

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 14:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 26 87 2174387 ini-bahayanya-bila-motor-terendam-banjir-dalam-waktu-lama-FpgDPkLwPM.jpg Motor terendam air pengaruhi kondisi suspensi (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Meningkatnya curah hujan di kawasan Ibu Kota, menimbulkan genangan banjir pada sejumlah titik pemukiman. Akibatnya, motor milik warga bisa menjadi korban karena terendam dalam jangka waktu lama sehingga mempengaruhi kondisi mesin maupun komponen lain.

Akibat yang timbul dari terendamnya motor dalam genangan banjir itu, ikut meningkatkan risiko kerusakan pada bagian suspensi. Setelah terendam air dalam jangka waktu cukup lama, gaya pegas dari suspensi motor tersebut kemungkinan berkurang.

Pengaruh lain yang mungkin terjadi kepada perangkat suspensi adalah bahan karet yang dipakai sebagai seal menjadi getas. "Akibatnya bisa ada kebocoran oli yang ada dalam tabung suspensi motor tersebut," ujar teknisi spesialis suspensi motor, Zulfaizal pada Okezone.

Terendamnya bagian suspensi motor menyisakan kotoran yang berpotensi mengakibatkan masalah seperti karat. Potensi korosi yang terjadi pada bagian suspensi motor ini rentan menurunkan fungsi komponen tersebut, dalam menunjang kenyamanan dan pengendalian motor selama berkendara di jalan.

Langkah melakukan pencucian segera setelah terendam banjir maupun melibas genangan air disarankan untuk mengurangi risiko ini. Selain itu, selalu usahakan evakuasi motor ke tempat yang lebih aman ketika pertanda bencana banjir muncul atau gunakan rute lebih aman untuk menghindari jalan yang tergenang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini