Share

BPPT: Penguasaan Teknologi Jadi Kunci Terapkan Kendaraan Otonom

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 27 52 2174978 bppt-penguasaan-teknologi-jadi-kunci-terapkan-kendaraan-otonom-Qxd4OfoYUx.jpg Ilustrasi mobil otonom (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Target mewujudkan sistem transportasi kendaraan otonom di Tanah Air, berpotensi memunculkan ketergantungan teknologi asing. Padahal adanya pengembangan moda transportasi berbasis kendaraan otonom atau driverless ini bisa mendorong penguasaan teknologi serta daya saing industri lokal Tanah Air.

Pemerintah diharapkan menggandeng sektor industri untuk memberi dorongan penguasaan teknologi kendaraan otonom lebih jauh.

"Tahapan penelitian, pengembangan, kajian, hingga terapan untuk ekosistem kendaraan otonom harus segera dilaksanakan," ujar Kepala BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), Hammam Riza dalam keterangan resmi yang diterima Okezone.

Adanya master plan menjadi keharusan, menurut Hammam agar Indonesia mampu menguasai teknologi driverless ini. Terlebih ke depannya, diperlukan juga penyelerasan aturan serta regulasi terkait dalam penerapan teknologi kendaraan otonom.

"Saat ini Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Aturan Jalan belum mengatur tentang driverless," kata Hammam.

Ekosistem kendaraan otonom diminta untuk mulai berfungsi dalam empat tahun mendatang, setidaknya pada tahap partial automation. Menurut Hammam, akan ada persaingan di ranah pengembangan dan penerapan dengan penyedia teknologi dalam bidang kendaraan otonom lain asal luar negeri.

BPPT sendiri sedang menyiapkan konsep perwujudan ekosistem teknologi kendaraan otonom di Tanah Air. Targetnya dalam lima tahun ke depan akan ada pilot project dan fasilitas untuk alih teknologi hingga difusi agar ekosistem kendaraan otonom berjalan optimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini