Modifikasi Mobil Klasik Pakai Tenaga Listrik Buatan Tesla

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 29 Februari 2020 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 312 2176232 modifikasi-mobil-klasik-pakai-tenaga-listrik-buatan-tesla-9q3WFyHexX.jpg Mercury Coupe 1949 full listrik (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES - Rencana rumah modifikasi Icon membawa mobil modifikasi Mercury Coupe keluaran 1949 di Geneva Motor Show gagal terwujud. Pembatalan pameran otomotif yang sedianya dimulai 3 Maret, membuat gubahan elektrifikasi mobil klasik itu gagal mejeng dalam salah satu pameran otomotif terbesar Eropa itu.

Modifikasi mobil klasik dari Icon, mengubah model penggerak Mercury Coupe itu dari mesin konvensional menjadi motor listrik berbasis baterai. Kekuatan dari penggerak motor listrik ganda bisa mencapai 400 hp dan torsi 637 Nm, kecepatan maksimal dari mobil tersebut disebut menyentuh 193 Kpj.

Sumber tenaga utama dari motor penggerak itu adalah baterai berkapasitas 85 kWh buatan Tesla. Dengan kombinasi penggunaan baterai dan rangkaian penggerak tadi, jarak jelajah yang bisa ditempuh Mercury Coupe 1949 berbasis baterai ini mencapai 241 sampai 322 Km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Gubahan mobil ini menjadi bagian dari seri konversi bertajuk Derelict dari Icon, yang menggunakan basis mobil klasik dengan sistem penggerak elektrifikasi. Pengubahan tersebut juga menyingkirkan penggunaan seluruh material karet, untuk menggantinya dengan bahan lebih ramah lingkungan.

Letak modul, baterai, serta pengatur kelistrikan berkaitan dengan penggerak mobil ini terletak di bawah kap mesin. Sementara posisi motor listrik ganda sebagai penggerak utama, berada di ruang yang tadinya dipakai oleh sistem transmisi mobil lawas tersebut.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini