Toyota Rencanakan Pabrik Kendaraan Elektrifikasi di China

Medikantyo, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 52 2176799 toyota-rencanakan-pabrik-kendaraan-elektrifikasi-di-china-KsEwCuQIyQ.jpg Ilustrasi pabrik mobil Toyota (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BEIJING - Toyota mempersiapkan fasilitas baru untuk menambah kapasitas produksi kendaraan dengan basis tenaga terbarukan. Hal tersebut diketahui dari bocoran dokumen terbaru dari otoritas terkait di China. Toyota akan menggandeng produsen lokal, FAW, untuk membangun pabrik mobil listrik di Tianjin, China.

Rencana pembuatan pabrik dalam dokumen disebut sebagai fasilitas produksi kendaraan energi terbarukan. Dokumen itu tidak mencantumkan detail basis energi mobil tersebut apakah menggunakan listrik berbasis baterai, teknologi hybrid, maupun tenaga sel hidrogen.

Kapasitas perakitan mobil dalam fasilitas produksi baru ini, disebut mencapai 200 ribu unit per tahun. Toyota bersama FAW Group diperkirakan menggelontorkan investasi sebesar USD1,22 miliar, untuk membangun pabrik kendaraan dengan tenaga terbarukan ini.

Produsen asal Jepang itu mencatatkan penjualan mobil sebesar 1,62 juta unit dengan merek Toyota dan jenama premium Lexus sepanjang tahun lalu di China. Angka itu membuat China menjadi salah satu pasar terbesar bagi seluruh lini kendaraan buatan Toyota secara global.

Rencana pengembangan fasilitas produksi mobil energi terbarukan dari Toyota, menunjukan optimisme terhadap pertumbuhan pasar otomotif di China nantinya. Sementara, dalam jangka pendek pertumbuhan penjualan kendaraan masih menunjukkan tren negatif akibat wabah virus korona (COVID-19).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini