Virus Korona Paksa Honda Pangkas Produksi Mobil di Jepang

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 52 2177401 virus-korona-paksa-honda-pangkas-produksi-mobil-di-jepang-SBkxTp8gA7.jpg Ilustrasi logo Honda Motor Company (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Honda memangkas kapasitas produksi kendaraan untuk pasar lokal sementara waktu. Produsen tersebut menyebut adanya kendala stok suku cadang terkait wabah virus korona (COVID-19), dalam dua fasilitas produksi mereka di Jepang.

"Fasilitas produksi yang mengalami penyesuaian operasional secara sementara terjadi dalam dua pabrik di Saitama, pengaruh dari penyesuaian ini berlangsung secara terbatas," ujar pernyataan resmi perusahaan asal Jepang itu seperti melansir Reuters.

Penyesuaian tersebut dilakukan melalui pengalihan produksi sejumlah varian dengan sistem prioritas. Model dengan jumlah pemesanan konsumen lebih besar mendapat prioritas untuk dirakit, menggunakan persediaan komponen suku cadang yang masih terseia di pabrik Saitama.

Informasi lebih jauh mengenai pemulihan operasi dalam fasilitas produksi tersebut, akan disampaikan selanjutnya. Sejauh ini, Honda secara resmi baru menghentikan operasinya sementara waktu untuk pabrik yang terletak di China. Pabrik mobil Honda di Wuhan, China masih ditutup setidaknya sampai 11 Maret 2020.

Selain gangguan distribusi suku cadang dan komponen akibat virus korona, Honda secara terpisah menutup pabrik mobilnya di Filipina. Pemangkasan biaya produksi diperkirakan menjadi penyebab utama keputusan, yang resmi berlaku pada Maret 2020 ini.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini