Universitas di Malaysia Modifikasi Bus sebagai Musala Berjalan

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 20:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 04 312 2178274 universitas-di-malaysia-modifikasi-bus-sebagai-musala-berjalan-OB126OdNi5.jpg Bus musala berjalan di Malaysia (Foto: Okezone.com/Istimewa)

KEDAH - Modifikasi fungsi kendaraan bisa menjadi solusi bermanfaat untuk banyak pihak. Ambil contoh keputusan pengurus Univesiti Utara Malaysia (UUM), yang merombak kabin bus penumpang menjadi ruang ibadah berjalan untuk mahasiswa setempat.

Ide untuk memodifikasi bus menjadi musala berjalan itu muncul, melihat kendala kepadatan sejumlah titik ruang ibadah penuh saat tiba waktu salat. Otoritas kampus kemudian menggandeng sebuah perusahaan otobus lokal, untuk menyediakan unit khusus sebagai musala sementara.

Ruang kabin bus yang tadinya digunakan mengangkut penumpang hingga puluhan orang, dirancang menjadi tempat beribadah. Kapasitas tampung jamaah dalam kabin bus mencapai 15-17 orang dan untuk sementara hanya diperuntukkan mahasiswa serta staff pria UUM.

 Bus musala

Gubahan pihak UUM dan perusahaan otobus juga melengkapi musala berjalan ini dengan fasilitas pendukung seperti saluran pipa khusus air untuk wudhu, perlengkapan solat, serta sistem pendingin udara dalam kabin untuk mendukung kenyamanan, seperti dilansir laman Metro Malaysia.

UUM baru menyediakan satu unit bus musala berjalan di lingkungan kampusnya saat ini, dengan jam operasional dari pukul 12 siang sampai 6 sore waktu setempat. Belum diketahui apakah respons positif mahasiswa akan berujung pada modifikasi unit bus musala lainnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini