Terhambat Korona, Produsen Siapkan Cara Kirim Komponen dari China

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 20:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 05 52 2178841 terhambat-korona-produsen-siapkan-cara-kirim-komponen-dari-china-j3E1gQKaLx.jpg Ilustrasi pabrik Mahindra (Foto: Okezone.com/Istimewa)

NEW DELHI - Langkah mengurangi dampak wabah virus korona (COVID-19) pada industri otomotif India dilakukan oleh asosiasi manufaktur komponen setempat. Dengan bantuan Pemerintah India, komponen suku cadang perakitan mobil yang dibutuhkan akan diterbangkan langsung dari China.

Cara tersebut diharapkan bisa mengatasi gangguan distribusi komponen serta suku cadang, yang dialami produsen seperti Mahindra maupun Tata Motors. Pihak produsen disebut tengah mendata komponen dan suku cadang untuk diangkut dalam penerbangan khusus ini.

Suku cadang dan komponen buatan China menjadi salah satu kebutuhan penting bagi produsen mobil di India. Bahan baku perakitan berupa suku cadang dari China dalam mobil buatan India terbilang beragam mulai dari komponen kelistrikan, sensor tekanan, hingga injektor bahan bakar.

Mahindra sebelumnya mengungkap kondisi ketersediaan suku cadang untuk perakitan mobilnya menipis. "Akan ada kendala terkait suplai suku cadang dalam beberapa pekan ke depan sebelum kembali berangsur normal," ujar petinggi Mahindra, Veejay Ram Nakra, melansir laman Autonews.

Pilihan mengirim suku cadang secara darurat melalui jalur udara merupakan opsi untuk memangkas waktu pengiriman. Terlebih manufaktur suku cadang mobil di China belum dapat beroperasi secara penuh seiring adanya larangan aktivitas massal di sejumlah wilayah.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini