Koenigsegg Ungkap Kecepatan Maksimal Hypercar Terbaru

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 09:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 52 2179935 koenigsegg-ungkap-kecepatan-maksimal-hypercar-terbaru-UDRFmoXGBI.jpg Koenigsegg Jesko Absolut (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Koenigsegg mengenalkan model hypercar Jesko Absolut sebagai unit produksi tercepatnya pada pekan lalu. Bocoran mengenai kecepatan maksimal varian hypercar teranyar itu diungkap sang CEO, Christian von Koenigsegg. Berdasarkan simulasi komputer, kecepatan maksimal Koenigsegg Jesko Absolut menembus 532 Kpj.

Penghitungan secara teori tersebut berdasarkan koefisien hambatan mobil tersebut sebesar 0,278. Sementara kekuatan dari mesin tipe V8 berkapasitas 5.0 L bawaan Koenigsegg Jesko Absolut mencapai 1.600 hp. Bekal itu membuat Jesko Absolut diperkirakan melewati catatan rekor mobil produksi Koenigsegg sebelumnya, Agera RS, yang mencapai 446 Kpj.

Faktor lain yang memengaruhi pencapaian kecepatan maksimal diatas 500 Kpj itu adalah pemakaian sistem transmisi Light Speed Transmission (LST). Pemilihan gigi dalam transmisi LST, melangkahi sejumlah rasio untuk menyesuaikan kebutuhan tenaga yang disalurkan. Cara kerja sistem ini disebut lebih cepat dibandingkan transmisi lain seperti dual-clutch.

"Bisa dibilang perpindahannya begitu cepat tergantung seberapa banyak gigi yang dilangkahi bergantung pada kekuatan mobil saat berakselerasi," ujar von Koenigsegg seperti dilansir dari laman Road and Track. Transmisi otomatis LST pada Koenigsegg Jesko Absolut ini sendiri memiliki sembilan percepatan.

Model hypercar Koenigsegg Jesko Absolut sendiri tidak memiliki ban tipe khusus, untuk menampung daya besar itu. Koenigsegg menyebut ban bawaan standar buatan Michelin akan digunakan, terlebih komponen yang sama dipakai oleh model Agera RS dalam situasi akselerasi penuh tanpa mengalami kendala berarti.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini