Ini Pertanda Pemotor Harus Ganti Komponen Busi

Medikantyo, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 87 2179998 ini-pertanda-pemotor-harus-ganti-komponen-busi-0LNGxgRW7H.jpg Ilustrasi busi sepeda motor (Foto: Okezone.com/pool)

JAKARTA - Komponen busi memegang peran vital dalam kinerja pengapian dalam mesin sepeda motor. Walaupun memiliki daya tahan cukup lama dalam pemakaiannya, pemilik sepeda motor wajib memperhatikan tanda busi sudah memasuki saat diganti baru.

Patokan utama terdapat pada jarak serta pemakaian berkendara sepeda motor itu. Terlebih dalam melakukan perawatan rutin dalam jarak tempuh sekitar 10.000 Km, pemilik motor bisa melihat kondisi busi lebih dekat. Tanda yang biasanya ditemukan pada busi motor adalah kerak pada konduktor.

"Busi bisa dibilang tidak layak pakai kalau ujung atau konduktor sudah berwarna kehitaman, yang ukurannya cukup panjang maka akan terlihat habis," ujar staf pemasaran salah satu produsen komponen sepeda motor, Heribertus, kepada Okezone.

Efek langsung dari timbulnya kerak serta bercak hitam pada bagian konduktor ini adalah penurunan performa mesin. Bahkan akan muncul gejala brebet pada mesin ketika pengendara melakukan akselerasi. Jika dipaksakan mesin motor kemungkinan langsung mati dan susah untuk menyala kembali.

Mengganti komponen dengan yang baru, serta melakukan pemeriksaan di bengkel terdekat menjadi solusi atas masalah busi tersebut. Lebih jauh pengguna sepeda motor bisa menjaga kondisi masa pakai busi, dengan menjaga akselerasi selama berkendara sehari-hari.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini