Produsen Mobil Italia Hadapi Efek Karantina Massal Akibat Korona

Medikantyo, Jurnalis · Senin 09 Maret 2020 22:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 09 52 2180760 produsen-mobil-italia-hadapi-efek-karantina-massal-akibat-korona-ftaQEJbUhn.jpg Ilustrasi pabrik Fiat Chrysler (Foto: Okezone.com/Istimewa)

ROMA - Industri otomotif Italia mencari cara untuk tetap melanjutkan operasi di tengah merebaknya wabah korona di negara itu. Kemudahan diberikan Pemerintah Italia kepada sejumlah produsen seperti Maserati, Ferrari, dan sejumlah penyuplai komponen untuk melewati daerah dalam status karantina ketat.

Maseratti mengeluarkan pernyataan pada Senin (9/3/2020), memerintahkan hanya pegawai sektor produksi vital tetap bekerja dalam fasilitas di Modena, Italia. Sementara sisa pegawai bagian lain dalam tubuh perusahaan disarankan bekerja dari rumah, seperti dilansir dari laman Autonews.

Ferrari dalam periode serupa menyebut akan tetap menjalankan kegiatan secara normal, selama memperoleh pasokan komponen dan suku cadang. Produsen berlogo kuda jingkrak itu tidak menjelaskan secara detail bagaimana pembagian sistem kerja karyawan selama masa darurat ini.

Produsen asal Italia yang tidak terpengaruh situasi karantina di sejumlah wilayah adalah Fiat Chrysler Automobile (FCA). Seluruh fasilitas produksi FCA berada di luar jangkauan karantina sesuai arahan Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, pada Minggu 8 Maret 2020.

Asosiasi Manufaktur Kendaraan Asing di Italia (UNRAE) menyebut potensi penurunan penjualan mobil hingga 15 persen sepanjang 2020. Sebagai perbandingan, angka penjualan mobil di Italia mencapai 1,92 juta unit sepanjang 2019.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini