BMW Pangkas Model Bermesin Konvensional Mulai 2021

Medikantyo, Jurnalis · Senin 16 Maret 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 16 52 2184039 bmw-pangkas-model-bermesin-konvensional-mulai-2021-qS34jyv734.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

MUENCHEN - Pengembangan berbasis elektrifikasi menjadi jalan utama pengembangan model kendaraan buatan BMW di masa depan. Produsen asal Jerman itu akan memangkas setidaknya separuh model bermesin konvensional pada 2021, untuk menawarkan lebih banyak kendaraan listrik berbasis baterai maupun berteknologi hybrid.

Kebijakan tersebut secara perlahan sudah dimulai dengan menghentikan dua tipe mesin diesel pada Januari 2020 lalu. Seperti dilansir dari laman Autoevolution, tipe mesin dengan ruang bakar lain yang masuk dalam pertimbangan BMW untuk dihapus adalah V12 Twin-turbo dan V8 Twin-turbo.

Langkah ini tidak berarti BMW akan secara langsung menghapus separuh dari anggota lini model kendaraan saat ini. Namun, terdapat kemungkinan besar bahwa sang produsen masih akan mempertahankan mobil bermesin konvensional dengan potensi keuntungan besar, seperti model SUV.

Transformasi perusahaan yang bermarkas di Muenchen, Jerman itu terkait elektrifikasi sudah berjalan secara bertahap. Mobil listrik berbasis baterai BMW i3 dipastikan bertahan dalam lini produk BMW hingga 2024, sementara varian BMW i4 diperkirakan memasuki masa produksi pada 2021.

Elektrifikasi juga diterapkan pada model SUV dengan rencana produksi model BMW iX3 pada pertengahan tahun ini di China. BMW sendiri memasang target untuk mengirimkan setidaknya 3 juta unit mobil berteknologi plug-in hybrid ke konsumen secara global pada 2025.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini