nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tesla Hentikan Sementara Dua Pabrik karena Virus Corona

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 06:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 20 52 2186193 tesla-hentikan-sementara-dua-pabrik-karena-virus-corona-EpURJINrFz.jpg (Foto: Forbes)

JAKARTA - Tesla Motors, produsen kendaraan listrik menghentikan sementara operasi di dua pabrik di California dan New York. Langkah ini sebagai respons atas krisis kesehatan publik yang dihubungkan dengan pandemi virus corona, dikutip Buzzfeednews.

Dalam sebuah pengumumkan pada Kamis, Tesla mengatakan pihaknya menutup pabrik dengan 10 ribu karyawan di Fremont, California. Ini merupakan pusat perakitan mobil utamanya di Amerika Serikat. Penutupan itu kabarnya dilakukan pada Senin, 23 Maret.

Perusahaan mengatakan akan menunda produksi di pabriknya di Buffalo, New York, tempat Tesla memproduksi panel surya dan peralatan pengisian daya untuk jaringan Supercharger.

Langkah ini dilakukan setelah Tesla dan CEO-nya, Elon Musk, menentang perintah perlindungan yang dikeluarkan oleh Alameda County sebagai tanggapan terhadap virus corona yang mengharuskan penduduk untuk tinggal di rumah dan bisnis yang tidak penting ditutup.

Awalnya, ada kebingungan apakah operasi manufaktur mobil Tesla dianggap penting. Pemerintah lokal tampaknya menganggap pabrik Fremont tidak penting pada Selasa malam.

Dalam pernyataan internal, eksekutif Tesla mengatakan ada kebingungan dalam komunikasinya dengan berbagai pejabat di tingkat lokal, negara bagian, dan federal.

"Meskipun telah mengambil semua tindakan pencegahan kesehatan yang diketahui, operasi yang berkelanjutan di lokasi tertentu telah menimbulkan tantangan bagi karyawan kami, keluarga mereka dan pemasok kami," kata perusahaan itu dalam pengumumannya.

"Karena itu, kami telah memutuskan untuk menghentikan sementara produksi di pabrik kami di Fremont," tambahnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini