nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dampak Penutupan Pabrik Mobil di Eropa dan Amerika

INews.id, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 13:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 22 52 2187247 ini-dampak-penutupan-pabrik-mobil-di-eropa-dan-amerika-VRJhGDv4uC.jpg (Foto: AFP)

JAKARTA - Industri otomotif telah terpengaruh dengan adanya wabah virus corona. Wabah virus ini membuat produsen kendaraan menutup pabrik mereka.

Dikutip inews, berdasarkan perkiraan penyedia informasi IHS Markit, produksi kendaraan terhenti sekitar 1,44 juta akibat penutupan pabrik di Eropa, Amerika Utara dan Amerika Latin.

Pembuat mobil di seluruh dunia telah mengumumkan rencana untuk menghentikan sementara pabrik saat mereka melakukan prosedur sanitasi dan pembersihan fasilitas akibat pendemi virus korona (Covid-19).

Penghentian operasi akan memangkas produksi mobil Eropa lebih dari 880.000 unit, mengingat pabrik ditutup selama rata-rata 13 hari kerja di wilayah tersebut.

Produksi mobil di Amerika Utara kemungkinan akan tertahan 478.000 unit, dengan rata-rata downtime selama enam hari kerja. Sementara produksi di Brasil dan Argentina digabungkan akan mencapai sekitar 80.000 unit, dengan asumsi penutupan antara 8 hingga 15 hari kerja.

"Jika produksi hanya berhenti untuk periode waktu yang diumumkan, fase peningkatan perakitan yang mengikuti akan menimbulkan dampak lebih lanjut," kata Henner Lehne, wakil presiden Grup Kendaraan Global IHS Markit.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini