Gunakan VR, Sopir Kendalikan Truk dan Bus dari Jarak Jauh

Sindonews, Jurnalis · Kamis 16 April 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 16 52 2199986 gunakan-vr-sopir-kendalikan-truk-dan-bus-dari-jarak-jauh-13ZScq4CMW.jpg (Foto: Sindonews)

OSTERGOTLAND - Perusahaan asal Swedia, Voysys mengembangkan teknologi agar truk dan bus bisa dikendarai dari jarak jauh. Voysys merupakan perusahaan telekomunikasi digital, dikutip Sindonews.

Dalam pengembangan teknologi remote control tersebut, Voysys bekerja sama dengan produsen kendaraan angkutan, Volvo. Ide ini dilandasi pertimbangan keselamatan pengemudi, agar lebih meningkat karena terhindar dari faktor kelelahan.

Selain itu, aturan Work From Home (WFH) yang sedang diterapkan oleh banyak negara, termasuk Swedia, juga bisa lebih efektif.

Untuk mengoperasikannya, pengemudi cukup berada di sebuah ruangan dengan layar video atau perangkat virtual reality (VR). Di dalamnya terdapat alat yang dapat mengirimkan perintah manuver atau fungsi lain layaknya truk atau bus pada umumnya. Dengan layar yang ada, pengemudi mendapat jarak pandang seluar 180 derajat.

Seperti teknologi remote control pada umumnya, perangkat ini juga bekerja dengan bantuan sinyal 4G dan 5G yang menghubungkan antara operator dengan kendaraan. Voysys menjanjikan waktu latensi hanya 75 milidetik untuk koneksi 4G, dan 40 milidetik untuk koneksi 5G.

Latensi merupakan waktu yang dibutuhkan dalam pengiriman dan penerimaan data. Voysys mengklaim teknologi tersebut mampu menghindari kemacetan data, sehingga tidak ada gangguan dalam proses mengendarai kendaraan jarak jauh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini