Cegah COVID-19, Bersihkan Interior Mobil Pakai Sabun Bayi

INews.id, Jurnalis · Minggu 19 April 2020 07:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 19 87 2201481 cegah-covid-19-bersihkan-interior-mobil-pakai-sabun-bayi-BspzHJz34x.jpg (Foto: Perfectionautodetails)

DEPOK - Virus corona dapat menyebar dengan cepat. Untuk menghentikan laju penyebaran, dilakukan physical distancing dan Anda dapat membersihkan benda-benda yang mungkin menjadi media penyebaran virus.

Dikutip inews, penyebaran virus corona bisa lewat media apa saja, misalnya mobil. Virus dari semua tempat di dunia luar bisa terbawa masuk ke dalam kabin mobil, sehingga pemilik mobil harus rajin membersihkannya.

Pemilik salon mobil Car Glaze Depok, M Taufik menyarankan untuk tidak menyemprotkan cairan disinfektan ke ruang kabin karena bisa merusak bahan lapisan interior mobil dan komponen kelistrikan.

"Cairan disinfektan mengandung alkohol dengan PH tinggi yang bisa mengikis bahan seperti kain, plastik, vinil dan kulit interior. Begitu juga dengan komponen kelistrikan pada konsol fitur entertainment," kata Taufik.

Menurut Taufik, cara terbaik untuk membersihkan komponen mobil adalah menggunakan cairan yang memang dibuat khusus untuk membersihkan komponen, misalnya pakai cairan sabun bayi.

"Gunakan cairan pembersih dengan PH aman seperti sabun bayi cair supaya dasbor bersih dan juga higienis. Sehingga pengemudi dan penumpang menjadi terlindungi," katanya.

Cara membuat cairan dari sabun bayi cukup mudah yakni campurkan sabun ke air hangat dan masukkan ke dalam botol semprot. Siapkan juga lap dengan serat lembut seperti kain microfiber untuk membersihkan permukaan interior mobil.

Semprotkan cairan sabun dan bersihkan area interior mobil yang sering disentuh seperti setir, knop AC, tuas transmisi, dasbor, tombol audio, hingga pegangan pintu. Untuk jok mobil berbahan kain, sebaiknya jangan semprot cairan sabun terlalu banyak karena lebih sulit dikeringkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini