AC Mobil Kurang Dingin, Perhatikan Penyebab dan Langkah Penanganan

Senin 08 Juni 2020 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 08 87 2226361 ac-mobil-kurang-dingin-perhatikan-penyebab-dan-langkah-penanganan-ojzagDg1ru.jpg Ilustrasi AC Mobil (foto: istimewa)

JAKARTA - Peningkatan suhu panas di Jakarta terkadang membuat pengendara mobil harus ekstra menyalakan pendingan udara (AC) hingga full. Namun, semua bisa dirasakan kesejukannya bila bila kondisi AC baik dan optimal.

Bagaimana dengan AC yang tidak berfungsi dengan baik, terkadang fitur pendingin udara tidak bekerja secara optimal saat dibutuhkan karena minimnya perawatan sehingga muncul gejala kerusakan.

Langkah pengecekan kondisi serta perawatan pendingin udara bisa menemukan penyebab dari keluhan tidak bekerjanya komponen pendingin udara dari penumpang. Terutama pengguna kendaraan yang rutin mengendarai mobil tersebut dalam menunjang kegiatan sehari-hari.

Pengecekan utama yang dilakukan oleh bengkel resmi terkait komponen pendingin udara ini biasanya tertuju ke bagian evaporator. "Biasanya terjadi penumpukan debu kotoran sehingga aliran udara dingin menuju kabin kualitasnya menurun," ujar Technical Service Division head, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi.

Bagian evaporator pendingin udara sendiri berfungsi menyalurkan sirkulasi udara dingin dalam kabin mobil, termasuk mengubah freon menjadi bentuk gas yang dingin sehingga dapat menghasilkan suhu udara di dalam kabin demi kenyamanan penumpang.

Penyebab lain yang lumrah ditemukan sebagai penyebab kurang kencangnya aliran udara dingin adalah bocornya kadar freon. Jika tidak ada lagi freon yang tersedia, otomatis udara yang tersalur sepenuhnya berasal dari kipas. "Rasanya pun tentu berbeda dan hanya terasa seperti embusan kipas angin," kata Anjar menambahkan.

Gejala dari habisnya kadar freon dalam pendingin udara kendaraan, juga bisa terdeteksi dari berhentinya putaran kompresor AC. "Gejala seperti ini terdeteksi dari pengecekan komponen pendingin di bengkel terdekat," ucap Anjar menjelaskan.

Anjar menyebut penanganan masalah pada pendingin udara ini memakan waktu yang bervariasi. Misalnya, untuk melakukan pembersihan atau pengecekan pada bagian evaporator pendingin udara mobil. "Bisa sampai setengah hari atau sehari penuh karena mesti melepas bagian dasbor," katanya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini