Mobil Bakal Bisa "Bicara", Informasikan Posisi Lubang di Jalan

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 22 Juni 2020 15:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 22 52 2234192 mobil-bakal-bisa-bicara-informasikan-posisi-lubang-di-jalan-Th2cT0WRKh.jpg (Foto: The Sun)

JAKARTA - Mobil tampaknya akan bisa bicara dengan sesama mobil. Hal ini tampaknya bukan mustahil untuk terwujud.

Mobil akan dilengkapi dengan sensor canggih yang bisa mendeteksi adanya masalah pada jalan, misalnya lubang yang membahayakan.

Selanjutnya, dengan teknologi 5G, mobil tersebut akan share informasi tentang lubang yang ditemuinya tersebut kepada mobil-mobil lainnya dalam jarak radius tertentu. Demikian dilansir dari Thesun.

Angka kecelakaan lalu lintas di seluruh dunia tercatat sangat tinggi, mencapai 1,3 juta kematian dari 50 juta peristiwa setiap tahun. Tentu hal ini harus disiasati agar tidak berulang.

Pakar dari Glaslow Caledonian University Dr Dimitros Liarokapis mengatakan, mobil produksi Tesla, yang dilengkapi dengan sensor dan kemampuan "berbicara" antara mobil.

"Dengan demikian mereka bisa mengubah rute atau mencari cara untuk mengatasi masalah di jalan tersebut," kata dia.

Tim dari universitas tersebut telah menghabiskan waktu tahunan untuk riset, yakni tentang bagaimana komunikasi antar-mobil ini bisa teralisasi.

Liarokapis mengatakan, teknologi 5G di mobil bisa terealisasi dalam hitungan beberapa tahun ke depan. Hal in akan membuat kendaraan otomatis menjadi lebh aman ketimbang sekarang ini.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini