Motor Berisik Dilarang Melintas Jalan Utama di Swiss

INews.id, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 53 2243524 motor-berisik-dilarang-melintas-jalan-utama-di-swiss-rD6QcCLseW.jpg (Foto: Shutterstock)

ZURICH - Pemerintah Swiss bakal melarang sepeda motor untuk melintasi jalan utama. Sebelumnya, Austrua juga telah menerapkan aturan ini.

Sepeda motor yang dilarang lewat adalah bersuara knalpot di atas 95 db (desibel). Rencana ini disampaikan anggota partai politik setempat Gabriela Suter. Demikian dikutip dari Visordown, Kamis (9/7/2020).

"Tyrol (Kota di Austria) adalah contoh, motor dengan tingkat kebisingan melebihi 95 desibel saat mesin menyala dan dalam keadaan diam akan dilarang di jalan raya utama," kata Suter.

Suter menambahkan, aturan ini menjawab respons masyarakat yang resah dengan suara bising motor. Hampir setiap pekan di musim panas, pengendara motor berkecepatan tinggi meningkat hingga mengganggu ketenangan warga di sekitar pegunungan Alpen. Demikian dilansir dari iNews.id.

Baca juga: Tesla Mau Bangun Pabrik Baru di Asia, Elon Musk Pilih Jepang atau Korea? 

"Khususnya di akhir pekan musim panas, lonjakan lalu lintas sepeda motor berkecepatan tinggi mengganggu ketenangan masyarakat Pegunungan Alpen. Larangan ini bertujuan untuk menyelaraskan kebebasan bagi manusia dan alam," ujar Suter

Belum resmi diwujudkan, rencana tersebut sudah mendapat kritikan dari komunitas motor Swiss. Presiden Federasi Pengendara Sepeda Motor Swiss, Walter Wobmann menyerukan agar pengendara sepeda motor berdiri bersama menentang rencana tersebut.

"Setiap orang yang tertarik pada hobi sepeda motor harus berdiri bersama di semua batas partai. Jika semua orang berdiri bersama, kita bisa menang," ujar Wobmann.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini