Waspada, Ini 6 Pemicu Kebakaran pada Mobil

INews.id, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2020 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 52 2244162 waspada-ini-6-pemicu-kebakaran-pada-mobil-L8rnZt3Vyf.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kebakaran pada mobil pasti bukan hal yang diingini setiap pemilik kendaraan. Walau begitu, terkadang hal tersebut tetap terjadi akibat ketidaksengajaan.

Untuk itu, pengendara harus mengetahui sejumlah hal yang dapat memicu kebakaran pada mobil. Dilansir iNews.id dari berbagai sumber, berikut penyebab kebakaran pada kendaraan.

1. Lalai Simpan Lap

Saat Anda membersihkan kendaraan jangan lupa memeriksa apakah ada benda yang tertinggal atau tidak, seperti lap atau kain. Banyak kasus kebakaran karena lupa mengambil lap dalam ruang mesin atau masih menempel di knalpot. Ini sepele, namun akibatnya sangat fatal

2. Oli Bocor

Kebocoran pada oli mesin akibat penutup tidak terpasang dengan benar berbahaya. Pada saat dihidupkan oli mesin akan menyembur dan menetes pada knalpot yang dapat menimbulkan percikan api.


Baca juga: Bos Hyundai Kehilangan Rp15,6 Triliun akibat Penjualan Mobilnya Turun 

3. Pasang Konektor Aksesoris

Memasang kabel atau konektor aksesoris listrik tambahan dengan tidak memperhatikan keamanan atau tidak sesuai standar bisa menyebabkan korsleting. Kebel panas bisa meleleh dan terbakar.

4. Ganti Bolham

Jangan mengganti bolham atau foglamp dengan watt lebih besar. Kapasitas terlalu besar mengakibatkan panas berlebih pada rumah lampu sehingga berpotensi membuat rumah lampu meleleh dan terbakar.

5. Parkir di Tempat Panas

Parkir kendaraan dengan kondisi mesin hidup di tempat panas sebaiknya dihindari. Bila ada ranting, daun atau sampah menempel pada knalpot ini bisa menyebabkan kebakaran.

7. Power Bank atau Ponsel

Meninggalkan power bank atau ponsel dengan soket masih terpasang saat parkir sangat berbahaya. Kasus ini bisa menyebabkan overheat meledak.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini