Sistem Autopilot Tesla Dikritik, Begini Jawaban Elon Musk

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 52 2251581 sistem-autopilot-tesla-dikritik-begini-jawaban-elon-musk-NP79waazMt.jpg (Foto: Tesla)

JAKARTA - Tesla dinilai memberikan informasi menyesatkan perihal sistem autopilot dari mobil yang diproduksinya. Pengadilan Jerman dan lembaga keselamatan Inggris sepakat pesan produsen otomotif ini tidak akurat.

Lalu, apa yang CEO Tesla Elon Musk lakukan? Apakah dia meninjau iklan yang dinilai berlebihan mempromosikan sistem autopilot tersebut? Atau apakah dia mengakui dia mungkin tidak 100 persen benar? Ternyata tidak.

Alih-alih instrospeksi diri, dia malah menyalahkan orang yang tidak mengindahkan peringatan dari sistem autopilot. Menurutnya, pengemudi harus siap mengambil alih setiap kali situasi mengharuskannya.

“Saya secara pribadi menguji perangkat alpha terbaru dari perangkat lunak full self-driving ketika saya mengendarai mobil saya dan itu benar-benar saya pikir jauh lebih baik daripada yang disadari orang," kata CEO Tesla tersebut dilansir dari Auto Evolution, Jumat (24/7/2020).

"Sungguh menakjubkan. Jadi hampir sampai pada titik di mana saya bisa pergi dari rumah ke kantor tanpa intervensi, meskipun melalui situasi yang sangat beragam. Jadi inilah mengapa saya sangat yakin tentang fungsionalitas full self-driving akan selesai pada akhir tahun ini, karena saya benar-benar mengendarainya," jelas dia.

Sistem full autopilot yang disebut fitur otonomi Level 5 seharusnya hanya diperbolehkan di jalan raya setelah pengujian yang sangat ketat pada jalan tertutup dan setelah peraturan yang diperlukan ada.

Elon Musk menegaskan bahwa otonomi Level 5 akan bisa diimplementasika pada akhir tahun, dan meskipun itu mungkin benar, hal itu dinilai cukup lucu bahwa ia memilih contoh perjalanan hariannya sebagai dukungan.

Pasalnya, ini adalah rute yang diambil sistem berulang kali. Jadi apa yang terjadi ini dinilai bukanlah sebuah keberhasilan. Karena situasinya akan berbeda jika terjadi perubahan, misalnya penutupan jalur jalan atau bahkan jika mobil digunakan menuju rute yang baru.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini