Rem Blong, Ini Cara Menghentikan Mobil dengan Engine Break

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 52 2253381 rem-blong-ini-cara-menghentikan-mobil-dengan-engine-break-1Jbfe3HCaC.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Tidak ada yang berharap mengalami rem blom saat mengemudikan mobil. Tapi, terkadang situasi itu menghampiri walau tidak diinginkan.

Untuk itu, paling tidak ada beberapa hal yang harus dilakukan jika rem mobil mendadak blong.

Paling utama, tetap tenang. Tetap kemudikan mobil dengan baik dan benar. Selanjutnya, Anda bisa gunakan teknik engine break. Demikian dilansir dari Auto Evolution, Selasa (28/7/2020).

Engine break merupakan teknik untuk menghentikan atau memperlambat laju mobil dengan mesin (engine) tanpa menggunakan rem.

Baca juga: Terlahir Buta, Pria Ini Akhirnya Punya SIM dan Beli Mobil Balap

Caranya adalah dengan menggunakan kompresi mesin, dengan memundurkan gigi persneling pada tuas transmisi atau istilahnya lower gear.

Jika tengah berada di gigi 4, maka mundurkan ke gigi 3, lalu mundurkan lagi ke gigi 2. Mobil pasti akan melambat dengan cara ini. Jika mobil tidak juga berhenti, maka mundurkan lagi ke gigi 1.

Agar efektif, engine break ini harus dilakukan dengan benar dan tepat. Jika tidak, maka mesin berpotensi mengalami kerusakan akibat hal ini.

Jika dilakukan dengan benar, perpindahan gigi demi gigi dapat membuat mobil berhenti dalam jarak tidak terlalu jauh.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini