Tuai Kritik, Audi Tarik Iklan "Anak Perempuan Makan Pisang"

Agregasi BBC Indonesia, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 52 2257328 tuai-kritik-audi-tarik-iklan-anak-perempuan-makan-pisang-NYPqsFqWyY.jpg Iklan kontroversial Audi. (Foto: BBC)

PRODUSEN mobil Jerman Audi meminta maaf atas iklan yang menunjukkan seorang anak perempuan sedang makan pisang di depan mobil dengan kelas performa tinggi. Iklan ini menimbulkan banyak kecaman di Twitter.

"Kami mendengar Anda dan kami ingin luruskan hal ini: Kami peduli pada anak-anak," tulis Audi dalam cuitan permintaan maafnya dilansir dari BBC.

"Kami dengan tulus meminta maaf atas gambar tidak sensitif ini dan memastikan bahwa gambar ini tidak akan digunakan di masa datang."

Para kritikus mengatakan pose anak itu "provokatif" dan mengancam jiwa.

Sejumlah pengkritik menyebut bahwa pengemudi tidak akan dapat melihat anak dalam pose bersandar di bagian depan mobil itu.

Kritikus lain mengatakan gambar itu berkonotasi seksual karena pisang dan mobil sport sering dipandang sebagai simbol nafsu pria.

Slogan Audi dalam bahasa Inggris di atas gambar 'provokatif' itu berbunyi: "Biarkan jantung Anda berdetak lebih cepat - dalam setiap aspek."

Pihak Audi mengatakan sekarang sedang menyelidiki bagaimana iklan itu sampai bisa diterbitkan.

Mei lalu, perusahan mobil raksasa Jerman, Volkswagen, pemillik Audi, terlibat dalam pertikaian serupa di media sosial atas iklan yang menunjukkan seorang pria berkulit gelap sedang digerakkan oleh sepasang tangan wanita kulit putih, sebelum terhempas dari VW Golf kuning diiringi latar musik riang.

Iklan lengkap Audi RS 4 di situs perusahaan menunjukkan mobil ini dipasarkan sebagai mobil keluarga - dan inilah latar belakang iklan Twitter kontroversial yang menampilkan anak perempuan tengah makan pisang.

Seorang pengguna media sosial Jane Bradford mencuit di bawah permintaan maaf Audi: "Jadi, biarkan jantung Anda berdetak lebih cepat di setiap aspek? Gambar - bayi dengan pisang di mulut dan mobil cepat- salah dalam SETIAP aspek ".

Pengguna lain, DjBeeTee mencuit: "Mari kita tambahkan: Merah = erotisme, mobil sport = pengganti kekuatan, rok mini dengan motif binatang = daya tarik seks, pisang = simbol kelamin. Tapi yakin ini semua hanya kebetulan ..."

Namun, Mark Kreuzer, seorang teknisi dan blogger, mencuit: "Hmm, bagi saya pesannya adalah: Audi RS4 = mobil keluarga. Sama seperti putri Anda membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, begitu pula RS4. Dan keduanya tentu saja keren . "

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini