Jadi Mobil Dinas Pertama Presiden Soekarno, Ini Penampakan Buick 8 Limited Edition

Sindonews, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 52 2263719 jadi-mobil-dinas-pertama-presiden-soekarno-ini-penampakan-buick-8-limited-edition-j02zWVkAcF.jpg (Sumber: Sindonews)

JAKARTA - Dari sekian banyak mobil yang pernah digunakan sang proklamator sekaligus Presiden Pertama Indonesia, Soekarno hanya beberapa mobil favorit yang masih terjaga dengan baik.

Salah satunya adalah Buick 8 Limited Edition. Mobil tersebut digunakan Bung Karno di awal masa pemerintahannya atau setelah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Mobil dinas pertamanya itu merupakan hasil rampasan dari Jepang, tepatnya dari pegawai Djawatan Kereta Api. Seorang pemuda bernama Soediro lah yang mengambil paksa mobil mewah di zamannya itu dari sopir pejabat Jepang. Karena mengetahui mobil akan digunakan Bung Karno, ia merelakannya kepada Soediro.

Di zamannya, Buick 8 bukan mobil biasa. Buick jenis ini kadang menjadi kendaraan bangsawan Eropa. Raja Inggris dan keluarganya memakai mobil ini di tahun 1939. Hingga kini Buick masih membuat mobil mewah. Demikian dilansir dari Sindonews.com.

Di zamannya, mobil ini setidaknya menjadi mobil dinas para pejabat di Hindia Belanda. Kemungkinan besar, mobil ini dibeli para pejabat Hindia Belanda, entah sebagai invetaris dinas atau secara pribadi. Sebelum akhirnya jadi mobil dinas di masa pendudukan Jepang.

Di dalam mobil, terdapat kaca yang memisahkan ruang penumpang dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar.

Buick 8 merupakan produksi terbatas anak perusahan General Motor (GM) dari Amerika, sehingga sering disebut Limited-8. Buick 8 yang mirip mobil kepresidenan pertama ini dirilis pada 1939.

Buick jenis ini, di masanya harganya berkisar USD1.000–USD2.000. Angka ini tergolong tinggi, jika dilihat dari perkembangan inflasi. Mobil Buick 8 ini hanya diproduksi 1.451 unit saja. Panjang mobil ini 2,99 hingga 3,9 meter. Mesinnya empat tak 8 silinder, dengan 2 katup di setiap silindernya. Kapasitasnya 320 ci atau 5247 cc.

Tenaga mesin yang dihasilkannya mencapai 141 tenaga kuda, dengan putaran 3600 rpm. Ia tergolong mesin kuat di zamannya. Mobil ini diproduksi di “kota otomotif” di Amerika, Detroit, tepatnya di pabrikan yang didirikan David Dunbar Buick sejak 1903.

Merek Buick kemudian menjadi bagian dari GM, yang merupakan salah satu raksasa industri otomotif Amerika. Di Indonesia masa kini, mobil dengan merek ini sulit ditemukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini