Share

Pengharum Cair Bisa Bikin Rusak AC, Begini Penjelasannya

INews.id, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 52 2263899 pengharum-cair-bisa-bikin-rusak-ac-begini-penjelasannya-IR5dB3yEYS.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Ada beragam jenis dan merek pengharum mobil. Memasang pengharum dalam kabin mobil lazim digunakan pengendara agar ruangan terasa nyaman.

Pewangi ini umumnya diletakkan di atas dasbor atau ventilasi AC. Tetapi, ternyata ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait pengharum mobil ini.

Paling utama, jangan memilih jenis pewangi kabin yang berbentuk cairan. Pasalnya, uap dari cairan bisa tersedot ke sistem AC. Efek jangka panjangnya sangat merugikan.

"Kalau dari sisi pewanginya bisa membuat AC bau. Pewangi yang kualitasnya tidak terlalu baik bisa mengakibatkan evaporator menjadi kotor," ujar Kepala Bengkel Auto2000 Alam Sutra, Tangerang, Gery dilansir dari iNews.id.

Baca juga: Jadi Mobil Dinas Pertama Presiden Soekarno, Ini Penampakan Buick 8 Limited Edition

Menurut dia, jika evaporator AC sudah sangat kotor dan mengeluarkan efek seperti gel, maka kerja evaporator akan menurun dan lama-lama bisa bocor.

"Jika rusak sangat parah biasanya AC tidak dingin. Maka itu, mobil harus dibawa ke bengkel untuk diperbaiki," katanya.

Dia menyarankan agar mobil terhindar dari masalah tersebut menggunakan pewangi berkualitas baik berbentuk padat, bukan cairan. Bisa juga menggunakan wewangian alami seperti biji kopi atau bunga-bungaan.

"Saran saya, pakai pewangi kabin yang bentuknya padat dan kualitasnya bagus. Bisa pakai biji kopi juga atau jenis-jenis bunga. Karena bisa mensterilisasi bau tak sedap di kabin. Kedua bahan itu tidak menimbulkan efek kerusakan pada evaporator," ujarnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini