Hyundai Terus Kembangkan Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

INews.id, Jurnalis · Minggu 23 Agustus 2020 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 23 52 2266043 hyundai-terus-kembangkan-mobil-berbahan-bakar-hidrogen-ZzG2gpffyB.jpg (Foto: Shutterstock)

SEOUL - Produsen otomotif raksasa Korea Selatan, Hyundai bakal memproduksi mobil berbahan bakar hidrogen. Proyek teranyar perusahaan ini tidak akan dilakukan sendirian.

Hyundai pun mengajak perusahaan logam asal Australia, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) dan Fortescue Metal Group Ltd (FMG).

Dilansir dari Yonhap, ketiganya sepakat bekerja sama dalam pengembangan teknologi dengan menggunakan membran logam untuk mengekstraksi hidrogen dan mengirimnya dalam bentuk amonia cair ke pasar global.

Seperti diketahui, pada 2018 lalu Hyundai Motor Group mengumumkan investasi sebesar USD6,4 miliar untuk fasilitas produksi mobil hidrogen, kegiatan penelitian dan pengembangan terkait pada 2030.

Baca juga: Ini Mobil Canggih di Film Baru James Bond 007

Dalam rencana tersebut, ketiga perusahaan itu akan memproduksi setidaknya 500 ribu kendaraan hidrogen pada 2030. Langkah itu dilakukan karena Korea Selatan mendorong penggunaan hidrogen sebagai sumber energi utama untuk mobil, bukan bahan bakar fosil. Demikian dilansir dari iNews.id.

Para produsen mobil juga tengah berlomba untuk melahirkan kendaraan ramah lingkungan di tengah peraturan sangat ketat tentang emisi gas rumah kaca yang menjadi penyebab pemanasan global.

Berbeda dengan kendaraan hybrid dan full listrik, kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen hanya mengeluarkan uap air karena mengubah simpanan hidrogen menjadi listrik, yang kemudian mendorong motor kendaraan.

Sebagai informasi, Hyundai berhasil menjual mobil penumpang sebanyak 9.228 unit pada mobil hidrogen Nexo, Rinciannya terdiri dari 7.533 unit terjual di dalam negeri dan 1.695 unit di luar negeri atau pasar global dari 2018 hingga Juni 2020.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini