3 Komponen Mobil yang Harus Berfungsi Saat Musim Hujan

Widi Agustian, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 52 2267271 3-komponen-mobil-yang-harus-berfungsi-saat-musim-hujan-gEmKiaBk44.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Para pemilik mobil harus mempersiapkan kedatangan musim hujan dengan baik. Pasalnya, sebelum digunakan mobil harus dipastikan dalam kondisi fit.

Untuk itu, pemilik harus memastikan semua komponen mobil berfungsi dengan baik. Walau begitu, ada beberapa komponen yang harus mendapatkan perhatian ekstra.

Semua komponen memang memiliki fungsi yang penting dalam beroperasinya mobil. Walau begitu, memang ada sejumlah komponen yang bisa membahayakan pengemudi jika tidak berfungsi, khususnya dalam musim hujan.

1. Wiper


Pernah membayangkan mengemudi mobil tanpa menyalakan wiper. Pasti sangat membahayakan, karena pandangan dipastikan terganggu.

Sedikit tips terkait wiper, meski banyak pengemudi yang enggan menyalakan wiper ketika keadaan masih gerimis. Padahal, meski gerimis, fungsi wiper tetaplah vital untuk membuat kaca depan tetap dapat terlihat jelas sehingga menambah visibilitas pengemudi.

2. Ban


Kondisi ban harus dicek, apakah masih memiliki alur dan kembangan. Ban yang sudah botak tentunya akan memiliki traksi yang berkurang jauh di jalanan yang basah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

3. Lampu


Lampu memiliki peran yang sangat vital. Saat hujan lebat, lampu bisa menghindarkan diri dari kecelakaan. Menyalakan lampu utama akan membantu visibilitas ketika mengemudi di tengah hujan.

Selain itu, menyalakan lampu utama juga dapat membantu pengemudi lain mengetahui letak mobil yang berlawanan arah, terutama di saat hujan deras.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini