Elon Musk Janjikan Baterai Mobil Tesla Lebih Tahan Lama

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 52 2267551 elon-musk-janjikan-baterai-mobil-tesla-lebih-tahan-lama-qZ4hRfWi5l.jpg (Foto: Shutterstock)

CEO Tesla Elon Musk optimistis mampu memproduksi baterai mobil dengan kepadatan energi 50 persen lebih banyak dan bisa berusia lebih lama dalam tiga hingga empat tahun ke depan.

Hal tersebut disampaikan Musk jelang 'Battery Day' pada 22 September. Tesla diharapkan mengumumkan sejumlah kemajuan besar dalam teknologi sel baterai pada 'Battery Day', tepat setelah penutupan Rapat Pemegang Saham Tahunan tahun 2020. Demikian dilansir dari Carscoops, Rabu (26/8/2020).

Musk mengatakan di Twitter bahwa, "400 Wh/kg dengan siklus lebih lama, diproduksi massal (bukan hanya lab) tidak jauh. Mungkin 3 sampai 4 tahun.”

Menurut peneliti, kepadatan energi sel baterai Panasonic 2170 yang digunakan pada mobil Tesla Model 3 adalah sekitar 260 Wh/kg. Pernyataan Musk diterjemahkan jika kapasitas baterai akan ditingkatkan hampir 50 persen dari kepadatan energi saat ini, dengan baterai ini mobil akan mencapai jarak mengemudi yang lebih jauh.

Tesla juga menggunakan gambar latar yang aneh di situsnya untuk pengumuman Rapat Pemegang Saham 2020, menunjukkan serangkaian titik berkerumun dalam formasi garis dan membuat media berspekulasi tentang apa yang akan diungkapkan produsen mobil tersebut.

Baca juga: 3 Komponen Mobil yang Harus Berfungsi Saat Musim Hujan

Pakar baterai Korea Selatan Park Chul-wan mengatakan bahwa gambar tersebut mungkin teknologi "silikon nanowire anode", yang diduga dapat meningkatkan kepadatan energi dan durasi hidup baterai secara tajam.

Selain itu, Panasonic mengatakan bahwa mereka berencana untuk meningkatkan kepadatan energi sel baterai asli '2170' yang digunakan dalam Tesla Model 3 sebesar 20 persen dalam lima tahun.

Tesla juga bekerja sama dengan CATL China untuk menciptakan paket baterai baru, berbiaya rendah, dan tahan lama untuk Model 3. Ini diharapkan untuk debut akhir tahun ini atau awal 2021, dengan baterai baru diharapkan untuk bertahan selama satu juta mil penggunaan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini