Bukan Sekadar Fitur Pelengkap, Ini Sederet Manfaat Dashboard Camera

INews.id, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 52 2267728 bukan-sekadar-fitur-pelengkap-ini-sederet-manfaat-dashboard-camera-dpcM1cX3L1.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kamera di dalam mobil atau dashboard camera (dashcam) memiliki banyak manfaat, tidak hanya sekadar sekadar fitur pelengkap atau gaya-gayaan.

Kamera mobil dapat merekam berbagai peristiwa yang merugikan pemilik kendaraan. Dilansir dari iNews.id, berikut lima manfaat dashcam bagi pemilik kendaraan:

1. Bukti kecelakaan lalu lintas

Salah satu fungsi dashcam yang paling utama adalah dapat merekam kejadian saat terjadi kecelakaan. Pemilik kendaraan tinggal membuka rekaman dashcam sebagai alat bukti apa penyebab kecelakaan.

Karena rekaman video akan lebih akurat dan lebih bisa dianalisa dengan melihat rekamannya berulang-ulang daripada mengandalkan saksi mata orang-orang yang terlibat kecelakaan.

2. Bantu menindak pelanggar lalu lintas

Pengendara kendaraan bermotor terkadang sering tidak menuruti peraturan lalu lintas, sehingga bisa mencelakakan pengguna jalan lain. Jika kebetulan pengendara berada di dekat mobil, Anda bisa membantu pihak berwajib menindaklanjuti melalui bukti rekaman video yang ada di dashcam agar pelaku ditindak.

3. Bukti asuransi

Di sebagian negara dashcam menjadi fitur wajib pada kendaraan. Salah satu fungsinya yang paling utama adalah dapat merekam kejadian saat terjadi kecelakaan. Perusahaan asuransi menjadikan rekaman video sebagai bukti dan menganalisa apakah mobil tersebut layak klaim asuransi atau tidak.

4. Mengawasi mobil

 

Jika mobil dipinjam orang lain, dengan adanya dashcam Anda bisa merekam semua kejadian. Tak hanya dari luar mobil, tetapi dashcam juga bisa diarahkan ke dalam untuk melihat apa saja yang dilakukan sang peminjam.

Ini juga bisa membantu orang tua mengawasi anaknya saat pergi menggunakan mobil. Dashcam bisa membantu mengawasi apa saja yang dilakukan sang anak di dalam mobil. Selain itu, bisa mengawasi sopir jika melakukan kegiatan yang bukan bagian pekerjaan.

5. Merekam berbagai peristiwa tak terduga

Dalam perjalanan berbagai peristiwa dapat terjadi. Seperti angin puting beliung, tanah longsor, gunung meletus semua itu dapat terekam kamera di dalam mobil.

Melalaui dashcam, pengendara tidak perlu repot mengeluarkan ponsel dan mengganggu konsentrasi berkendara, karena kamera sudah otomatis merekam. Rekaman video ini akan bermanfaat untuk memberikan informasi kejadian langka yang sulit didokumentasikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini