Jangan Lupa Matikan Mesin Saat Mengisi Bensin

INews.id, Jurnalis · Rabu 02 September 2020 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 02 52 2271274 jangan-lupa-matikan-mesin-saat-mengisi-bensin-XO3LSyOITr.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Menyalakan mesin kendaraan, baik itu mobil ataupun motor saat mengisi BBM sangat berbahaya. Hal ini bisa memicu terjadinya kebakaran.

"Alasan mesin kendaraan harus dimatikan saat mengisi bensin karena ada aliran listrik statis. Aliran listrik ini bisa memicu muatan listrik menjadi tidak stabil di dekat selang bensin," ujar Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) Sony Susmana kepada iNews.id, Rabu (2/9/2020).

Listrik yang tidak stabil itu akan menimbulkan percikan api dan sangat berbahaya jika terkena uap bahan bakar di sekitar selang. Dampak terburuknya terjadi kebakaran.

Baca juga: Andalkan Mode Autopilot, Mobil Tesla Ini Tabrak Mobil Polisi

Selain menyalakan mesin, faktor yang membuat terjadinya kebakaran saat mengisi bahan bakar adalah penggunaan ponsel. Aliran listrik statis bisa timbul saat ponsel digunakan terlebih saat menelepon.

"Paling berbahaya adalah saat mobil sedang diisi bensin kemudian kita starter. Karena saat starter mobil, mesin menggunakan bensin dan sistem kelistrikan lebih banyak agar mobil bisa menyala dengan cepat," ujar Sony.

Jadi, ingat jangan mengisi bahan bakar saat kendaraan masih hidup.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini