Mobil Perang Milik Rusia Kebal Peluru dan Diklaim Tercepat di Dunia

INews.id, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 52 2275006 mobil-perang-milik-rusia-kebal-peluru-dan-diklaim-tercepat-di-dunia-eXhBavrGv4.jpg (Foto: Janes)

MOSKOW - Kendaraan militer memiliki fungsi mendukung aksi para tentara. Di Rusia, militernya memiliki kendaraan VPK Strela yang diklaim berbobot ringan dan tercepat di dunia.

Dilansir dari Janes, Rabu (9/9/2020), mobil yang diproduksi industri kendaraan militer Rusia (VPK Military Industrial Company) ini memiliki bobot 4,7 ton dan bisa diangkut helikopter Mi-8 menggunakan tali sling eksternal.

Komandan Angkatan Udara Rusia, Kolonel Jenderal Andrei Serdyukov mengatakan, mobil lapis baja VPK-Strela merupakan kendaraan ringan bersenjata unik, karena bisa melaju pada kecepatan 155 km/jam. Ini menjadi kendaraan lapis baja tercepat.

"Karakteristik mobilitas modelnya unik. Kecepatan maksimumnya mungkin 155 km/jam. Kendaraan tersebut juga digunakan untuk berbagai misi, termasuk para penerjun payung," katanya dilansir dari iNews.id.

Baca juga: Lamborghini Aventador Digunakan untuk Jual Semangka, Begini Penampakannya

Kelebihan lain dari VPK-Strela adalah kebal terhadap berbagai serangan, seperti peluru senapan serbu AK-74, senapan mesin AKM, serta senapan sniper Dragunov. Bahkan mobil ini juga dapat bertahan dari ledakan ranjau seberat 2 kg atau setara dengan TNT.

Kendaraan militer berbobot ringan ini sudah direncanakan sejak 2019. Di mana pihak militer bakal melengkapi unit Angkatan Udara dengan mobil baru yang 'mudah terbang'.

Rencananya, Strela akan diproduksi sepenuhnya di Rusia dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) mencapai 100 persen. Kapasitas penumpangnya bisa mencapai delapan orang.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini