Dealer Pasang Poster Nazi, Volkswagen Langsung Putuskan Hubungan Kerjasama

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 52 2275079 dealer-pasang-poster-nazi-volkswagen-langsung-putuskan-hubungan-kerjasama-qo0LVQ8z3i.jpg (Foto: Shutterstock)

MEXICO CITY - Produsen mobil asal Jerman Volkswagen (VW) memutuskan hubungan kerjasama dengan distributor asal Mexico City. Hal ini dilakukan setelah seorang pengguna Twitter memposting foto-foto yang diambil di lokasi dealer tersebut menunjukkan dinding yang dihiasi dengan poster bergambar perayaan Nazi yang melibatkan mobil Beetle.

Dalam pernyataannya, Volkswagen Meksiko mengutuk gambar yang menempel di ruang penjualan dari distributor tersebut. Perusahaan menekankan komitmennya untuk menjunjung tinggi martabat manusia.

“Kami sangat tidak setuju (distributor) menunjukkan gambar-gambar itu di fasilitasnya, yang menunjukkan rezim yang menekankan kebencian dan diskriminasi dalam sejarah yang untungnya telah ditinggalkan,” kata Volkswagen dilansir dari Reuters, Rabu (9/9/2020).

Sayangnya, dealer tersebut tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai tanggapannya.

Baca juga: Uber Bakal Gunakan 100% Mobil Listrik pada 2040

Baca juga: Lamborghini Aventador Digunakan untuk Jual Semangka, Begini Penampakannya

Volkswagen awalnya didirikan pada tahun 1930-an atas perintah diktator Nazi Adolf Hitler untuk membuat "mobil rakyat", lalu dipekerjakan pekerja paksa untuk mendukung militer Jerman dalam Perang Dunia II.

Keputusan perusahaan yang berbasis di Wolfsburg terkait distributor di Meksiko ini diambil setelah foto-foto yang menjadi hiasan dinding yang menggambarkan peristiwa Nazi, dan yang secara mencolok menampilkan simbol swastika di samping Beetle beredar di media sosial.

Sebuah organisasi hak asasi manusia Yahudi mendesak Volkswagen untuk mengakhiri hubungannya dengan perusahaan tersebut.

“Hal yang paling tepat adalah melepaskan konsesi yang ada. Hal ini perlu untuk menyampaikan pesan yang jelas kepada pelanggan Anda, bahwa Anda telah belajar dari sejarah Anda,” kata Simon Wiesenthal Center dalam sebuah surat kepada Volkswagen Mexico. 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini