Selain PHK 15.000 Karyawan, Renault Terus Cari Cara Lakukan Penghematan

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 52 2275420 selain-phk-15-000-karyawan-renault-terus-cari-cara-lakukan-penghematan-eJjtDJuPKv.jpg (Foto: Shutterstock)

PARIS - Renault tampaknya harus kembali melakukan penghematan lebih banyak dari skenario yang telah disiapkan perusahaan otomotif asal Prancis tersebut. Lalu, apakah artinya perusahaan bakal melakukan PHK lebih banyak?

CEO Volkswagen Luca de Meo yang baru menjabat pada Juli lalu menyampaikan jika pemulihan profitabilitas dan ketersediaan uang cash adalah prioritas perusahaan saat ini.

“Tujuannya adalah untuk kembali ke jalur yang benar dan menyelesaikan masalah kita yang paling mendesak secepat mungkin: treasury dan cost," ungkap Luca de Meo dalam memo kepada para pekerjanya, dilansir dari Reuters, Kamis (10/9/2020).

"Hal ini berarti kita mungkin perlu melangkah lebih jauh dari yang direncanakan, dengan melakukan pemangkasan pengeluaran," tambahnya.

Baca juga: Dealer Pasang Poster Nazi, Volkswagen Langsung Putuskan Hubungan Kerjasama

Pada Mei lalu, Renault mengakui strategi yang menjadi ambisi globalnya tidak realistis. Perusahaan juga mengumumkan rencana untuk memangkas sekira 15.000 karyawan, mengurangi produksi, dan merestrukturisasi pabriknya di Prancis dalam upaya menghemat 2 miliar euro atau USD2,4 miliar.

Sayangnya, De Meo tidak menyebutkan berapa banyak uang yang mungkin perlu dihemat perusahaan itu dalam memonya.

Mengomentari memo itu, juru bicara Renault mengatakan De Meo sedang mengerjakan rencana untuk mengubah perusahaan dengan lebih fokus pada profitabilitas daripada menggenjot volume penjualan. 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini