Fiat Chrysler Diinjeksi Dana Rp13,8 Triliun untuk Produksi Mobil Listrik dan Hibrida

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 21 September 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 52 2281101 fiat-chrysler-diinjeksi-dana-rp13-8-triliun-untuk-produksi-mobil-listrik-dan-hibrida-Zn8ZtD8lXB.jpg (Foto: Shutterstock)

MILAN - European Investment Bank (EIB) telah meningkatkan pendanaan sebesar 800 juta euro atau Rp13,8 triliun (kurs Rp17.229 per euro) kepada Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Suntikan dana ini dilakukan untuk mendukung produksi kendaraan listrik dan hibrida.

Investasi ini dialokasikan untuk memproduksi kendaraan listrik yang menggunakan baterai dan kendaraan listrik hibrida plug-in. Nantinya, dana ini terutama akan diarahkan ke pabrik Fiat yang terletak di Italia selatan.

Dana ini juga akan digunakan membiayai tenaga kerja dan menyesuaikan dengan kriteria lingkungan yang ketat. Demikian dilansir dari Reuters, Senin (21/9/2020).

Baca juga: BlackBerry Banting Setir ke Industri Otomotif

Baca juga: 3 Alasan Utama Pajak Mobil Baru Diusulkan 0%

Untuk meningkatkan kapasitas pabrik Fiat Italia, perusahaan ini telah mengumumkan rencana investasi sebesar 5 miliar euro untuk negara tersebut hingga 2021. Di mana diharapkan peluncuran mobil model listrik dan hibrida baru bisa segera dirilis.

EIB dan FCA telah menyepakati investasi sebesar 300 juta euro untuk jalur produksi kendaraan listrik hibrida plug-in di pabrik di Melfi, di wilayah Basilicata selatan. Dana itu juga untuk kendaraan listrik yang menggunakan baterai di pabrik bersejarah Fiat di Turin di Mirafiori pada periode 2019-2021.

FCA telah menyelesaikan kesepakatan senilai 485 juta euro dengan EIB untuk mendukung lini kendaraan listrik hibrida plug-in yang inovatif di pabrik Pomigliano di wilayah Campania selatan serta untuk R&D di laboratorium FCA di Turin.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini