Ford Siapkan Rp21 Triliun untuk Pabrik Mobil Listrik di Kanada

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 52 2282290 ford-siapkan-rp21-triliun-untuk-pabrik-mobil-listrik-di-kanada-fFQgE4IObc.jpg (Foto: Shutterstock)

FORD Motor Co akan menanam investasi sebesar USD1,46 miliar atau Rp21,4 triliun (kurs Rp14.651 per USD) untuk pabriknya yang berada di Kanada, yakni di Oakville dan Windsor.

Investasi ini dilakukan sebagai bagian dari kesepakatan dengan serikat pekerjanya yang ada di Kanada. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua serikat pekerja Jerry Dias, demikian dilansir dari Reuters, Rabu (23/9/2020).

Kesepakatan itu termasuk menambah perlengkapan di pabrik Oakville untuk membangun lima model kendaraan listrik (EV) yang akan mulai diproduksi pada 2025 dan 2028, dengan EV pertama dirakit pada 2025.

Baca juga: China Akhirnya Keluarkan Aturan Baru Dukung Kendaraan Hidrogen

Baca juga: Rasio Kepemilikan Kendaraan Bermotor di RI Masih Rendah, Ini Buktinya

Pemerintah Kanada, bersama dengan pemerintah Ontario bersedia untuk berinvestasi di pabrik Oakville untuk produksi EV, investasi ini menjamin fasilitas tetap terbuka selama bertahun-tahun.

"Kami sedang dalam negosiasi," kata Perdana Menteri Ontario Doug Ford.

Negoisasi ini membahas tentang berapa banyak uang yang akan dikontribusikan oleh pemerintah Ontario terkait dengan produksi mobil listrik di pabrik Ford tersebut.

The Toronto Star dan Canadian Broadcasting Corp melaporkan bahwa kedua pemerintahan tersebut dapat memberikan hingga 500 juta dolar Kanada.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini