Car Seat Menghadap Belakang Diwajibkan untuk Anak dengan Berat 12 Kg

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 52 2283521 car-seat-menghadap-belakang-diwajibkan-untuk-anak-dengan-berat-12-kg-asuxOP7lcK.jpg (Foto: Shutterstock)

WASHINGTON - Regulator keamanan kendaraan Amerika Serikat (AS) mengusulkan rekomendasi agar anak dengan usia 1 ke bawah kian masif menggunakan car seat yang menghadap ke belakang (rear facing) di dalam mobil.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengusulkan untuk merekomendasikan agar semua anak dengan berat 12 kg atau kurang diangkut di kursi mobil khusus yang menghadap ke belakang, di mana aturan ini sebelumnya hanya diwajibkan untuk anak dengan berat 9 kg.

Baca juga: Pajak 0%, Harga Mobil Baru di Indonesia Jadi Rp100 Jutaan

Baca juga: Cara Ampuh Hilangkan Bekas Stiker di Bodi Mobil

Posisi tersebut lebih aman secara signifikan bagi anak-anak untuk menghadap ke belakang daripada menghadap ke depan jika terjadi kecelakaan. Demikian dilansir dari Reuters, Jumat (25/9/2020).

Regulator memperkirakan bahwa jika hal ini diberlakukan anak untuk anak-anak berusia kurang dari 1 tahun dapat mengurangi risiko kematian sebesar 71% di mobil penumpang dan 58% di light truck.

Sementara untuk anak-anak berusia antara 1 dan 4 tahun, penggunaan kursi anak alias car seat mengurangi risiko kematian hingga 54% di mobil.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini